SALAM BAHASA DAN SASTRA!


P
ernah gak terfikirkan di benak kita mengapa bahasa Inggris dijadikan sebagai bahasa Internasional di dunia? tentu hal itu sudah sangat wajar, sebab seluruh manusia di dunia sudah bersepakat bahwa bahasa Ingris itu adalah bahasa Internasional yang dapat di pakai oleh seluruh manusia di dunia. bahasa Inggris juga sebagai bahasa pemersatu umat manusia, lain halnya di Indonesia yang bahasa pemersatunya adalah bahasa Indonesia.

Mari kita tengok kembali ke beberapa abad yang lalu. Sejak sebelum diputuskannya bahasa Inggris sebgai bahasa Internasional, banyak sekali para ilmuan yang ingin membuat bahasa pemersatu di dunia yang terkesan di buat-buat dan pengganti bahasa Inggris. Simak artikel berikut ini:

BAHASA BUATAN MANUSIA PENGGANTI BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA INTERNASIONAL.

Bahasa artifisial adalah bahasa buatan yang dibuat oleh manusia kala itu untuk mencari pengganti bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Bahasa buatan ini seperti:

1)bahasa Vo” lapuk: disusun oleh Johan Martin Schleyer, seorang Jerman pada tahun 1879. kosakatanya diambil dari bahasa inggris, Perancis, Jerman, dan Roman. Pada mulanya kehadiran bahasa ini disambut gembira oleh masyarakat Eropa, namun karena sistemnya dirasakan terlalu sukar, maka orang kemudian enggan mempelajarinya, dan lalu meninggalkannya.

2)bahasa Esperanto, diciptakan oleh seorang dokter berkebangsaan polandia, Ludwik Zamenhof, dengan tujuan agar masyarakat duniat terbebas dari perselisihan akibat perbedaan bahasa. Kosakatanya terutama diambil dari bahasa Jerman dan bahasa-bahasa Roman. Kaidah-kaidah gramatikalnya disusun dengan sangat sederhana, sehingga dapat dengan mudah dipelajari oleh segenap lapisan masyarakat. Dengan cepat bahasa ini tersebar di seluruh Eropa, dan juga di laur Eropa. Oleh karena pemakaiannya sangat luas, maka bahasa ini pecah menjadi berbagai ragam, yang kadang-kadang perbedaannya sangat jauh. Akibatnya penutur ragam-ragam bahasa ini mendapat kesulitan untuk berkomunikasi. Akhirnya bahasa ini pun gagal untuk menjadi alat komunikasi verbal internasional.

3) bahasa interlingua, diciptakan oleh Alexander Gode, seorang Amerika. Unsure bahasanya diambil dari bahasa Inggris, Perancis, Italia, Rusia, Spanyol, dan Jerman. Struktur bahasanya mirip dengan bahasa Esperanto. Sayangnya bahasa ini hanya cocok untuk orang Eropa, dan akhirnya bahasa inipun dilupakan orang.

Akhirnya setelah itu maka orang-orang berhenti membuat bahasa yang dibuat-buat, sebab bahasa itu adalah kesepakatan bersama dan dipakai oleh seluruh manusia yang hidup di dunia.

Nah, sudah tahu bukan sejarahnya mengapa bahasa Inggris adalah bahasa Internasional? maka itu pelajaran bahasa Inggris selalu ada di sekolah-sekolah dan wajib bagi kita ntuk mempelajarinya agar kita tidak ketinggalan di zaman yang serba modern ini. tentunya jangan sampai melupakan bahasa Indonesia pula yang menjadi bahasa pemersatu kita yang hidup di Indonesia.setuju?????



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berikan komentar Anda

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites